Monday 29 September 2014

Tips Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Dewasa

Untuk mencegah infertilitas atau kemandulan pada wanita usia dewasa adalah dengan cara selalu menjaga sistem reproduksi pada wanita. Masalah alat reproduksi dan kelainan ovulasi dapat mengakibatkan infertilitas pada wanita. Ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita dewasa supaya selalu sehat dan berfungsi secara normal.

kesehatan reproduksi wanita dewasa
kesehatan reproduksi wanita dewasa

Inilah beberapa tips menjaga kesehatan reproduksi wanita dewasa : 


1. Pemeriksaan Ginekologi 

Bagi seorang wanita sangatlah penting untuk mengetahui ukuran atau bentuk ovarium dan uterus karena bisa berguna untuk mencegah kemungkinan timbulnya kanker serviks. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur. 

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita dewasa selanjutnya adalah dengan cara menjaga berat badan yang ideal karena jika terlalu gemuk akan menyebabkan produksi hormon estrogen yang berlebihan dan itu sangat tidak baik untuk sistem reproduksi wanita dewasa. Dan jika terlalu kurus juga tidak baik untuk sistem reproduksi wanita dewasa karena akan berpengaruh pada minimnya produksi hormon estrogen.

3. Berhenti Merokok (bagi wanita perokok)

Kebiasaan merokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan semua orang, entah itu pria dewas ataupun wanita, terlebih lagi untuk wanita, karena dengan merokok akan mngakibatkan terganggunya fungsi ovarium pada wanita dan menghambat produksi hormon estrogen dan akan berakibat sel telur wanita rentan akan kelainan genetik.

4. Hubungan Sex

Penyakit seksual yang menular biasany cenderung tidak menunjukkan gejala pada awalnya sehingga banyak orang tidak menyadari  jika terkena virus atau bakteri yang telah merusak sistem organ reproduksi wanita. Karena virus atau bakteri itu dapat menghilangkan kesuburan wanita dewasa. Itulah salah satu tips menjaga kesehatan reproduksi wanita dewasa.

5. Menerapkan Gaya Hidup sehat

Mungkin tips menjaga kesehatan reproduksi wanita dewasa yang terakhir ini adalah yang sangat penting, yaitu dengan cara secara teratur melakukan aktifitas olahraga dan melakukan diet sehat untuk meningkatkat kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam gangguan sistem reproduksi.

Itulah sedikit tips menjaga kesehatan reproduksi wanita dewasa yang bisak kita bagi. Semoga bermanfaat untuk anda. 


Tips Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Dewasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: indoindo007

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.